Apa Itu Bedah Toraks Kardiovaskular? Simak Ulasannya di Sini!

Bedah toraks kardiovaskular merupakan penanganan untuk penyakit atau gangguan yang melibatkan organ-organ dalam yang ada di dada, seperti jantung dan paru-paru. Penanganan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter yang ahli di bidang ini. Dokter spesialisnya memiliki gelar Sp.BTKV dan bertugas untuk melakukan penanganan ini.

Definisi dan Ulasan Secara Umum

Penanganan penyakit atau gangguan kesehatan dengan cara pembedahan ini hanya boleh dilakukan oleh dokter yang spesialis di bidang ini. Pasien akan diberikan pelayanan yang komprehensif di setiap tahap perawatan karena kondisi kesehatan yang ditangani meliputi organ-organ penting, seperti jantung, paru-paru, dinding dada, saluran pernapasan, dan sistem sirkulasi.

Selain itu, kondisi pasien akan dibahas di dalam sebuah konferensi yang melibatkan dokter-dokter subspesialis. Hal ini bertujuan untuk menganalisis kondisi pasien dari bahan hal supaya perawatan yang diberikan kepada pasien dapat berjalan dengan maksimal dan tujuan dilakukannya bedah dapat tercapai dengan baik.

Baca Juga : Memahami Proses Terjadinya Gagal jantung

Prosedur Pelayanan Pasien Kardiovaskular

Sebelum dilakukan bedah toraks kardiovaskular, pasien akan melewati proses screening terlebih dahulu untuk memastikan bahwa pasien tersebut sudah siap untuk melakukan pembedahan. Proses screening ini meliputi uji laboratorium dan pencitraan. Setelah semuanya siap, proses pembedahan akan segera dilakukan.

Setelah proses bedah selesai, pasien akan dipindahkan ke ruang ICU atau ICCU (Intensive Cardiac Care Unit) untuk melakukan rawat inap dengan dipantau oleh tim dokter ICU atau ICCU. Jika proses perawatan di sini sudah selesai, pasien akan dipindahkan ke ruang perawatan, kemudian dilanjutkan dengan program rehabilitasi kardiovaskular.

Kasus yang Sering Ditemui

Di dalam prosedur ini, banyak kasus yang sering ditangani oleh dokter BTKV. Kasus yang sering terjadi di bidang bedah paru-paru adalah tumor mediastinum, tumor paru-paru, dan infeksi paru-paru seperti empyema. Selain itu, kasus batuk darah akibat TBC juga sering ditemui serta kasus trauma paru dan dinding dada yang disebabkan oleh kecelakaan.

Sementara itu, kasus bedah jantung yang sering ditangani oleh dokter bedah toraks kardiovaskular adalah operasi bypass akibat penyumbatan pembuluh darah koroner, kelainan katup jantung, trauma jantung, dan kelainan jantung karena bawaan sejak lahir. Untuk bidang pembuluh darah yaitu kelainan katup vena, cuci darah, penyumbatan hingga tumor pembuluh darah.

Penanganan gangguan di daerah toraks ini memiliki resiko yang tinggi karena penyakit yang diderita beresiko tinggi terhadap komplikasi, infeksi, stroke, bahkan kematian. Oleh sebab itu, dokter bedah yang menangani pun tidak bisa sembarangan dan prosedur penanganannya juga harus dilakukan dengan hati-hati.

Penyakit atau gangguan yang terjadi di bagian toraks merupakan kondisi yang beresiko tinggi dan bisa menyebabkan kematian. Penanganan yang dilakukan pun harus teliti dan hati-hati serta melibatkan banyak dokter. Dengan demikian, pasien akan mendapatkan perawatan  yang tepat dan membantu proses kesembuhan menjadi lebih cepat.

Di Heartology terdapat beberapa tim dokter jantung yang siap menangani permasalahan kesehatan jantung, salah satunya adalah dr Dicky Aligheri, Sp.BTKV (K) yang merupakan salah seorang tenaga medis spesialis di bidang bedah toraks kardiovaskular di Heartology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *